Menu Click to open Menus
Home » Bahasa » Donatur Khusus

Donatur Khusus

PENCETAKAN & PENYEBARAN BUKU SECARA GRATIS
(Informasi bagi para calon donatur khusus)

(Donatur khusus adalah siapapun yang bersimpati & mau berpartisipasi dalam penyediaan dana awal untuk memulai pelaksanaan kegiatan ini, yang diharapkan berasal dari kalangan teman-teman yang saya hubungi)

Tentang Buku

Buku yang akan dicetak dan disebarkan secara gratis ini diberi judul “Dasar-dasar Pengetahuan Hidup Berkeluarga & Berumahtangga. Persembahan Bagi Pasangan Suami Istri Muslim.”

Ukuran buku B5 setebal 125 halaman. Sebagian berwarna, dengan biaya cetak sekitar Rp 20.000/exemplar.

Sedang dilakukan koreksi terhadap isi buku oleh Ketua MUI Kab. Sumedang (K.H. Drs. Adam Malik Ibrahim) untuk memastikan kesesuaiannya dengan ajaran Islam.

Isi buku dalam bentuk soft copy dengan format pdf bisa diunduh DISINI.  

Rencana Pelaksanaan

Setelah mendapat koreksi, buku ini akan dicetak secara independen (tidak melalui penerbit) dan tidak akan dijual, melainkan akan dibagikan secara gratis dengan mencari donatur untuk biaya percetakan maupun pembiayaan lainnya.

Adapun idealisme yang menjadi dasar pertimbangannya adalah sebagai berikut :

1. Dari sisi masyarakat calon target pembaca

  • Pada umumnya mereka akan merasa tidak membutuhkannya dan cenderung tidak perduli karena menganggap kehidupan berumah tangga sesuatu hal yang sudah biasa dilakukan secara turun temurun tanpa harus memiliki pengetahuan tertentu, sehingga kemungkinan membeli sangat kecil.

Namun saat digratiskan, boleh jadi mereka memiliki pertimbangan lain. Dan baru setelah membacanya sebagian dari mereka akan menyadari bahwa pengetahuan seperti itu mereka butuhkan dalam kehidupan berkeluarga & berumahtangga.

  • Animo masyarakat kita untuk membeli buku sangat rendah sehingga prospek penjualan kurang baik.
  • Sebagian besar keluarga Muslim tidak mau mencari tahu tentang bagaimana semestinya menjalani kehidupan keluarga & rumah tangga sesuai dengan ajaran Islam. Dengan adanya buku gratis mereka bisa saja berubah pikiran.
  • Kadang diantara pasangan suami istri hanya salah satunya saja yang memiliki & bisa mendapatkan akses pengetahuan berkeluarga dan berumah tangga, misalnya melalui internet, itupun kadang sifatnya terbatas. Dengan memiliki buku mereka berdua bisa mendapatkan sumber pengetahuan bersama yang bisa dibuka kapan saja, termasuk untuk dibahas dan didiskusikan bersama.

2. Dari sisi amal ibadah

  • Membantu mengedukasi masyarakat dalam membangun kehidupan keluarga & rumah tangganya yang selama ini minim dilakukan.
  • Membuka jalan untuk mewujudkan munculnya keluarga-keluarga baru yang lebih peduli dengan ajaran Islam.
  • Ikut andil dalam mengimbangi pengaruh buruk lingkungan masyarakat maupun media-media informasi yang banyak merusak tatanan kehidupan berkeluarga & berumah tangga.
  • Turut mencegah semakin hancurnya generasi Muslim sekaligus membantu mewujudkan generasi Muslim yang jauh lebih baik & lebih berkualitas melalui edukasi yang mereka peroleh di tengah-tengah keluarganya.
  • Membuka kesempatan kepada siapapun untuk turut beramal dengan mendukung program penyebaran buku gratis ini.
  • Ikut andil dalam memberi wawasan dan membangun kesadaran keluarga Muslim yang sudah tergerus pengaruh media liberal.
  • Penyebaran ilmu yang bermanfaat termasuk salah satu dari tiga pahala yang akan terus mengalir walau telah meninggal dunia sekalipun. Ini berarti, orang-orang yang berkontribusi dalam pengadaan & penyebaran buku ini bisa memperoleh pahala yang tiada pernah berhenti tersebut.

3. Dari sisi pembiayaan

  • Dengan model gratis bisa mencari pendanaan dari manapun termasuk dari luar negeri. Sehingga pembiayaan tidak akan tergantung pada hasil penjualan yang kemungkinan akan relatif minim.
  • Orang-orang pemesan buku yang telah merasakan manfaat dari buku tersebut bukan tidak mungkin akan memberikan donasi yang jauh lebih besar dari harga buku tsb jika dijual. Atau paling tidak mungkin mereka akan turut melakukan promosi untuk mencarikan donatur.

Seluruh pelaksanaan kegiatan akan dipublikasikan melalui website ini.

Pembiayaan

Pembiayaan yang diperlukan adalah berupa modal awal untuk pencetakan perdana buku dan pengirimannya, serta beberapa hal lain yang diperlukan.

Pengadaan buku terlebih dahulu sebelum melakukan promosi & mencari donasi berikutnya sangat penting sebagai bentuk keseriusan sekaligus bukti bahwa kegiatan ini ada, tidak fiktif.

Adapun estimasi leperluan biaya awal dan peruntukannya adalah sebagai berikut :

  • Pencetakan perdana 1000 exemplar buku : Rp 20.000.000
  • Alokasi biaya pengiriman : Rp 5.000.000
  • Pembuatan konten website dalam bahasa Inggris : Rp 3.500.000
  • Pasang iklan melalui Facebook : Rp 1.500.000
  • Biaya konsultasi ke Ketua MUI : Rp 1.000.000
    Total biaya : Rp 31.000.000

Pencetakan buku berikutnya akan disesuaikan dengan jumlah donasi yang masuk dan minimal 1000 exemplar agar biaya cetaknya relatif lebih murah

Support Diperlukan

Support yang sangat diperlukan saat ini adalah berupa bantuan pendanaan untuk pengadaan biaya-biaya awal yang diperlukan yang hingga saat ini baru tersedia sekitar 30%.

Oleh karena itu, saya sangat mengharapkan dukungan dari rekan-rekan semua untuk dapat menyisihkan sebagian dananya untuk membantu mewujudkan rencana ini.

Berapapun kesanggupan dan keikhlasan yang diberikan akan sangat berarti dan insya Allah amanah tersebut akan saya manfaatkan sebaik-baiknya sesuai peruntukannya.

Donasi bisa disalurkan melalui penggalangan donasi yang dilakukan di kitabisa.com. Silahkan tinggal klik.

Apabila donasi melebihi yang ditargetkan, maka sisanya akan dipergunakan untuk menambah jumlah buku yang dicetak perdana sehingga biayanya akan relatif lebih murah lagi.

Semoga segala amal kebaikan rekan-rekan semuanya mendapat balasan berlipat ganda dari Allah Swt. Dan semoga rekan-rekan semua beserta keluarga & rumahtangganya selalu mendapat perlindungan Allah Swt dan dijadikan-Nya sebagai keluarga dan rumah tangga yang aman, tentram, bahagia, sejahtera, dan menjadi jalan memperoleh surga-Nya kelak. Aamiin ya Robbal Alamiin.

Terima Kasih.

Update Donasi :

Jumlah donasi masuk sampai dengan hari Selasa, 22 Agustus 2017 pukul 08.08 adalah sebesar Rp 5.000.000, yang berasal dari :

  1. Bp. Eman Wijayanto
  2. Bp. Ricky Nelson
  3. Bp. Fajar Surya

Terima kasih atas simpati & partisipasinya. Jazakumullah Khairan Katsiran.

Save

Save

Save

Save

Save

Save

Save

Save