Menu Click to open Menus
Home » Artikel » Isi Buku » Bag 3 : KEHIDUPAN RUMAH TANGGA » Gambaran Umum Tentang Kehidupan Rumah Tangga

Gambaran Umum Tentang Kehidupan Rumah Tangga

(137 Views) July 29, 2017 4:41 pm | Published by | No comment

Benar sekali, kekurang tahuan anda, apalagi ketidak tahuan anda tentang kehidupan rumah tangga, tentu akan menimbulkan persoalan tersendiri dalam menghadapinya.

Ibarat anda masuk dalam belantara, tentu anda akan sulit dan tersesat jika anda tidak mengetahui areanya dengan pasti.

Pernikahan merupakan langkah awal yang mengikat dua orang menjadi satu, untuk selanjutnya sama-sama memasuki dan menjalani kehidupan pernikahannya tersebut dalam kehidupan rumah tangga, dimana yang terlibat kemungkinan bukan hanya pasangan itu sendiri, melainkan juga akan melibatkan anak sebagai anggota keluarga baru.

Nah, bahasan di bawah ini silahkan anda simak sebaik-baiknya, mudah-mudahan setelah anda membacanya anda menjadi tahu, paham dan mengerti tentang apa dan bagaimanakah sebenarnya kehidupan rumah tangga tersebut, dan bagaimanakah menjalaninya agar kehidupan rumah tangga anda bahagia.

Gambaran Nyata Kehidupan Rumah Tangga

Apa yang Anda bayangkan sebelum Anda memasuki kehidupan rumah tangga Anda ? Apakah kenyataan yang Anda hadapi sesuai dengan apa yang Anda bayangkan ? Ataukah lebih baik ? atau lebih buruk ? Ya, selamat datang dalam kehidupan rumah tangga yang sesungguhnya !

Sungguh, sesuatu yang benar-benar patut Anda syukuri jika kehidupan rumah tangga Anda lebih baik, atau setidaknya sama seperti yang Anda bayangkan sebelumnya.

Namun apabila kenyataan yang Anda hadapi tidaklah semanis dan seindah yang Anda bayangkan, maka kemungkinannya ada dua.

Pertama, karena Anda membuat bayangan yang terlalu indah, manis dan serba ideal; dan kedua, karena Anda lupa atau malas mencari tahu seperti apa sebenarnya menghadapi kehidupan berumah tangga itu.

Saya tentu tidak akan membahas rumah tangga yang sudah sesuai dengan bayangan Anda, apalagi yang lebih dari apa yang Anda bayangkan. Saya hanya akan membahas mengenai kehidupan rumah tangga yang ternyata tidak seindah dan semanis dengan apa yang Anda bayangkan.

Sebagaimana telah saya kemukakan di atas, bahwa jika rumah tangga Anda tidak seindah apa yang Anda bayangkan, maka penyebabnya ada dua, pertama, Anda membuat bayangan yang terlalu indah, manis dan serba ideal; dan kedua, karena Anda lupa atau malas mencari tahu seperti apa sebenarnya menghadapi kehidupan berumah tangga itu.

Bayangan ideal Anda tentang kehidupan rumah tangga

Selama Anda hidup di dunia, yang namanya kondisi ideal itu tidak akan bisa Anda capai. Itu harus Anda sadari sepenuhnya. Demikian pula dalam kehidupan rumah tangga Anda.

Jangan Anda bayangkan rumah tangga Anda akan seindah dan semanis tayangan film atau sinetron favorit Anda, karena itu hanya rekayasa, sementara rumah tangga Anda adalah nyata, buka rekayasa.

Selama Anda masih berfikir rumah tangga Anda seideal apa yang Anda bayangkan, maka selama itu pula Anda akan merasakan ketidak-bahagiaan dalam hidup Anda.

Terlebih apabila yang menjadi bayangan ideal Anda itu selalu berorientasi terhadap materi. Tentu ini menjadi problema serius tersendiri.

Oleh karena itu, mulai sekarang singkirkan semua bayangan ideal Anda, apalagi yang berorinteasi pada materi, dan hadapi serta jalani semua kenyataan yang harus Anda lewati dalam kehdupan rumah tangga Anda.

Tetap optimis, yakin, dan selalu berusaha dan berdoa untuk mewujudkan kebahagiaan dalam kehidupan rumah tangga Anda.

Cara menghadapi hidup berumah tangga

Hidup berumah tangga berarti hidup dalam kebersamaan diantara dua orang yang berbeda, entah dalam hal watak, sifat, karakter, kebiasaan, dan lain sebagainya.

Ini harus sepenuhnya disadari sehingga Anda tidak perlu berharap atau berkeinginan agar pasangan Anda menjadi orang seperti yang Anda mau.

Dengan menyadari hal itu, Anda dan pasangan tentu bisa lebih saling memaklumi dan menghargai perbedaan-perbedaan tersebut, dimana perbedaan-perbedaan itulah yang akan menjadi pelengkap diantara Anda berdua.

Dalam perjalannya, kehidupan rumah tangga tentu akan mendapatkan banyak tantangan ataupun rintangan, dan tidak ada satupun rumus yang pasti untuk menghadapinya.

Semuanya kembali kepada Anda berdua untuk selalu belajar dan mencari tahu bagaimana Anda menghadapi tantangan dan rintangan tersbut.
K
etika Anda berdua mau mencari tahu solusi-solusinya, tentu Anda akan lebih mudah dan lebih siap dalam menghadapinya.

Jadi, teruslah belajar dan mencari pengetahuan-pengetahuan baru tentang hdiup berumah tangga, karena itu akan Anda perlukan dan berguna sepanjang hidup Anda, dan pengetahuan-pengetahuan seperti itu tidak akan pernah Anda peroleh di sekolah atau lembaga pendidikan formal manapun.

Namun ada satu point penting yang harus Anda dan pasangan pegang dalam menghadapi kehidupan rumah tangga ini, yakni KEBERSAMAAN.

Pastikan segala sesuatunya selalu Anda hadapi bersama karena biduk rumah tangga akan sulit dikendalikan jika diantara kedua pasangan tidak memiliki rasa kebersamaan.

Save

No comment for Gambaran Umum Tentang Kehidupan Rumah Tangga

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *