Menu Click to open Menus
Home » Artikel » Isi Buku » Bag 1 : Orang Tua & Mertua » Pentingnya Pengetahuan Tentang Orang Tua Dan Mertua

Pentingnya Pengetahuan Tentang Orang Tua Dan Mertua

(141 Views) July 29, 2017 11:52 am | Published by | No comment

Tidak sedikit dari kita yang telah menikah belum memiliki pengetahuan yang cukup tentang orang tua ataupun mertua kita.

Sebagian dari kita hanya tahu bahwa meraka adalah orang yang telah menjadikan kita dan pasangan kita berada di dunia ini dan mengurusnya hingga dewasa.

Karena keterbatasan pengetahuan inilah akhirnya tidak sedikit terjadi beberapa permasalahan diantara pasangan telah menikah dengan orang tuanya sendiri ataupun dengan mertuanya.

Dan biasanya kasus ini banyak terjadi di awal-awal pernikahan mengingat pada umumnya di Indonesia di awal pernikahan pasangan masih harus tinggal bersama dengan salah satu orangtua/mertua mereka.

Masalah utama yang sering muncul yang melibatkan orang tua/mertua adalah ketidak cocokan diantara menantu dengan mertua, yang bisa disebabkan oleh berbagai penyebab, yang biasanya berpangkal pada rasa tidak suka diantara salah satu pihak, baik dari pihak menantu ataupun pihak mertua.

Rasa tidak suka itu sendiri tidak muncul begitu saja, melainkan akan disebabkan oleh beberapa hal yang berpangkal pada sikap, perilaku, atau ucapan dari salah satu pihak yang dianggap tidak sesuai dengan keinginan atau tidak memenuhi harapan pihak lainnya.

Jadi, persoalan yang muncul antara menantu-mertua sebenarnya hanyalah terletak pada masalah kesesuaian keinginan/harapan diantara kedua belah pihak itu sendiri. Andai kedua belah pihak keinginan atau harapannya saling terpenuhi, tentu masalah tidak akan muncul.

Contohnya, seorang istri yang masih tinggal dengan mertuanya merasa kesal terhadap Ibu mertuanya yang selalu memanjakan cucunya (anak si istri tadi) dan selalu membela cucunya walaupun salah. Jelas sekali, kekesalan ini muncul akibat ibu mertua yang tidak memenuhi ekspektasi sang istri tadi. Apakah hal ini harus jadi masalah ? Apakah hal ini pantas menjadikan ia kesal terhadap ibu mertuanya ?

Atau seorang suami yang merasa kesal atas ucapan-ucapan Bapak mertuanya yang selalu menyindirnya karena ia berpenghasilan rendah. Apakah hal inpun wajar menjadi masalah ? Dan wajarkah si suami ini merasa kesal terhadap Bapak mertuanya ?

Serta berbagai hal lain yang kemudian dianggap masalah oleh pasangan suami istri yang melibatkan pihak orang tua atau mertua, padahal boleh jadi, hal itu sebenarnya bukanlah suatu masalah, melainkan hanyalah adanya perbedaan ataupun kesalahan dalam memahami fungsi dan kedudukan orang tua dan mertua terhadap pasangan suami istri.

Nah, untuk menghindari persoalan-prsoalan yang tidak semestinya terjadi yang melibatkan orang tua atau mertua tadi, maka sudah semestinyalah pasangan suami istri benar-benar memahami hal-hal yang terkait dengan orang tua/mertua tersebut.

No comment for Pentingnya Pengetahuan Tentang Orang Tua Dan Mertua

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *