Menu Click to open Menus
Home » Anak » Anak Hiperaktif, Masalah yang Dihadapi, Faktor-faktor Penyebab, Serta Cara Mendidik dan Membimbingnya

Anak Hiperaktif, Masalah yang Dihadapi, Faktor-faktor Penyebab, Serta Cara Mendidik dan Membimbingnya

(43 Views) June 21, 2019 1:12 pm | Published by | No comment

Anak Hiperaktif, Masalah yang Dihadapi, Faktor-faktor Penyebab, Serta Cara Mendidik dan Membimbingnya-Gejala hiperaktif dapat dilihat dari perilaku anak yang tidak bisa diam.

Duduk dengan tenang merupakan sesuatu yang sulit dilakukan. Ia akan bangkit dan berlari-lari, berjalan ke sana kemari, bahkan memanjat-manjat. Di samping itu, ia cenderung banyak bicara dan menimbulkan suara berisik.


Problem-problem yang bisa dialami oleh anak hiperaktif :
1. Problem di sekolah
Banyak dijumpai bahwa anak hiperaktif banyak mengalami kesulitan membaca, menulis, bahasa, dan matematika. Khusus untuk menulis, anak hiperaktif memiliki ketrampilan motorik halus yang secara umum tidak sebaik anak biasa

2. Problem di rumah
Dibandingkan dengan anak yang lain, anak hiperaktif biasanya lebih mudah cemas dan kecil hati. Selain itu, ia mudah mengalami gangguan psikosomatik (gangguan kesehatan yang disebabkan faktor psikologis) seperti sakit kepala dan sakit perut.

3. Problem berbicara
Anak hiperaktif biasanya suka berbicara. Dia banyak berbicara, namun sesungguhnya kurang efisien dalam berkomunikasi. Anak hiperaktif cenderung sibuk dengan diri sendiri dan kurang mampu merespon lawan bicara secara tepat.

4. Problem fisik
Secara umum anak hiperaktif memiliki tingkat kesehatan fisik yang tidak sebaik anak lain. Beberapa gangguan seperti asma, alergi, dan infeksi tenggorokan sering dijumpai termasuk sulit tidur dan sering terbangun pada malam hari.

Faktor-faktor penyebab hiperaktif pada anak :

  • Faktor neurologik
  • Faktor toksik
  • Faktor genetik
  • Faktor psikososial dan lingkungan

Mendidik dan membimbing anak hiperaktif

Pada anak hiperaktif sering ditemukan hubungan yang dianggap keliru antara orang tua dengan anaknya. Berikut ini adalah beberapa cara yang bisa dilakukan oleh orang tua untuk mendidik dan membimbing anak-anak mereka yang tergolong hiperaktif :

  • Orang tua perlu menambah pengetahuan tentang gangguan hiperaktifitas.
  • Kenali kelebihan dan bakat anak.
  • Membantu anak dalam bersosialisasi.
  • Menggunakan teknik-teknik pengelolaan perilaku, seperti menggunakan penguat positif (misalnya memberikan pujian bila anak makan dengan tertib), memberikan disiplin yang konsisten, dan selalu memonitor perilaku anak.
  • Memberikan ruang gerak yang cukup bagi aktivitas anak untuk menyalurkan kelebihan energinya.
  • Menerima keterbatasan anak.
  • Membangkitkan rasa percaya diri anak.
  • Dan bekerja sama dengan guru di sekolah agar guru memahami kondisi anak yang sebenarnya.

Dan bilamana kebetulan diantara Anda, kerabat, atau sahabat Anda memiliki anak yang hiperaktif, mungkin bisa coba sarankan untuk diberi minum air Milagros, siapa tahu cocok dan dapat membantu.

Keterangan lengkapnya bisa disimak pada artikel yang berjudul : “Manfaat Air Milagros, Khasiat serta Kegunaan dan Peluang Bisnisnya”. KLIK DISINI untuk membacanya.

Demikian artikel tentang anak hiperaktif,masalah yang dihadapi, faktor-faktor penyebab, serta cara mendidik dan membimbingnya. Mudah-mudahan bermanfaat.

Bagikan

No comment for Anak Hiperaktif, Masalah yang Dihadapi, Faktor-faktor Penyebab, Serta Cara Mendidik dan Membimbingnya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *