Menu Click to open Menus
Home » Anak » Belajar Membaca Bagi Anak & Langkah yang dapat Diambil Orangtua

Belajar Membaca Bagi Anak & Langkah yang dapat Diambil Orangtua

(47 Views) June 21, 2019 12:31 am | Published by | No comment

Belajar Membaca Bagi Anak & Langkah yang dapat Diambil Orangtua-Ada beberapa cara yang lebih terfokus yang dapat diambil orangtua untuk mempersiapkan anak belajar membaca. Beberapa langkah yang bisa diambil tersebut, diantaranya :

Tumbuhkan terlebih dahulu minat anak pada bacaan.

Caranya, ceritakan pada anak tentang kehebatan buku. Bahwa dengan membaca buku ada banyak hal yang dapat diketahui, dan bahwa buku mampu menjawab pertanyaan yang ia ajukan, dari asal-usul kilat sampai sejarah peneliti.

Bacakan buku cerita yang menarik saat menjelang tidur. Dengan kegiatan ini anak menyadari bahwa kegiatan membaca itu menyenangkan. Bedakan antara kegiatan membaca dan mendongeng.

Hendaknya pada saat membacakan buku, orang tua tidak mengubah-ubah kata yang tertulis di buku.

Sambil mendengarkan apa yang dibacakan orang tuanya, anak mulai berusaha mengenali berbagai huruf yang dirangkai menjadi kata, kata menjadi kalimat, dan seterusnya. Anak jadi tahu ada bunyi yang dihasilkan dari rangkaian bentuk di atas kertas dan ada arti dari rangkaian bunyi itu.

[Manfaat milagros bagi anak-anak dan balita]

Amati kesiapan anak untuk belajar membaca

Umumnya anak yang telah siap akan kerap minta diajarkan membaca. Kesiapan ini dapat pula dilihat melalui respons anak saat ditawari belajar membaca. Bila responsnya sangat positif atau menggebu berarti anak telah siap. Namun, bila terlihat malas-malasan, itu pertanda anak belum siap.

Perkenalkan kegiatan membaca melalui bermain

Memperkenalkan aneka bentuk huruf, misalnya, lakukan dengan menciptakan suasana bermain yang menyenangkan. Umumnya dalam suasana bermain anak akan lebih mudah memahami materi yang disampaikan. Cara penyampaiannya dapat disesuaikan dengan minat anak.

Misalnya, anak-anak yang menyukai binatang mulai dikenalkan pada kosakata dan tulisan dari jenis-jenis binatang. “c” untuk cacing, “d” untuk domba, “g” untuk gajah, dan sebagainya.Bisa juga dengan mendongengkan cerita asal-usul huruf yang kita karang sendiri.

Kemudian, sampaikan bahwa huruf itu kelak akan membentuk tulisan. Selanjutnya, tulisan itu bermanfaat sebagai alat komunikasi. Dari situ anak paham bahwa tulisan dibuat dengan maksud khusus.

Bentuk permainan lain yang tak kalah menarik adalah bermain ala detektif. Ajak anak untuk memecahkan kode-kode. Kode-kode itu berupa huruf-huruf. Lewat permainan ini, anak menjadi tertantang untuk mengenal huruf.

Kenalkan huruf kecil terlebih dulu

Selain itu, yang patut diperhatikan adalah bentuk huruf yang digunakan. Hindari menggunakan huruf besar semua, sebab anak terlebih dahulu mengamati kontur atau garis tulisan.

Bila huruf besar semua maka kontur tulisannya akan membuat anak bingung. Beda halnya jika yang digunakan adalah huruf-huruf kecil. Jadi lebih baik untuk pertama kali kenalkan tulisan yang menggunakan huruf kecil saja.

Itulah sedikit ulasan mengeni belajar membaca bagi anak & langkah yang dapat diambil oleh orangtua dalam melakukannya.

Bagikan

No comment for Belajar Membaca Bagi Anak & Langkah yang dapat Diambil Orangtua

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *