Menu Click to open Menus
Home » Bisnis » Mempersiapkan Masa Tua Agar Tidak Merepotkan Anak Dengan Cara Menabung atau Merintis Usaha

Mempersiapkan Masa Tua Agar Tidak Merepotkan Anak Dengan Cara Menabung atau Merintis Usaha

(19 Views) October 3, 2018 12:08 am | Published by | No comment

Artikel tentang mempersiapkan masa tua dengan cara menabung ataupun merintis sebuah usaha agar tidak merepotkan anak ini disampaikan mengingat menurut beberapa artikel yang saya baca, katanya, 65% orang Indonesia setelah memasuki masa pensiun ikut dengan anak mereka.

Ikut disini dalam artian memang benar-benar ikut serumah dengan anak-anaknya, ataupun menggantungkan sebagian besar kebutuhan hidupnya terhadap anak-anaknya.

Saya yakin, jika Anda sebagai orang tua tentu tidak ingin mengalami hal seperti itu.

Anda pasti berharap, setelah tua nantipun bisa tetap mandiri tanpa harus merepotkan anak-anak. Bahkan kalau bisa memberikan warisan yang besar dan berguna bagi kehidupan mereka.

Memang benar, anak memliki kewajiban berbakti kepada orang tuanya. Tapi tentu anakpun telah memiliki kewajiban lain, yakni mengurus rumah tangganya sendiri.

Lalu bagaimana caranya agar masa tua nanti tidak harus merepotkan anak ? Ya sudah barang tentu Anda harus mempersiapkannya sedari sekarang, kira-kira ingin seperti apa masa tua anda nanti ?

Maksud saya begini, cobalah Anda hitung, berapa lama lagi kira-kira Anda memasuki masa pensiun anda ? 10 tahun, 20 tahun, 30 tahun ?

Dan hitung pula, kira-kira berapa uang pensiun yang akan diperoleh. Nah dari situ cobalah hitung, apakah cukup uang pensiun tersebut untuk menopang masa tua nanti ?

Bagi Anda yang berstatus Pegawai Negeri Sipil mungkin masih bisa memperoleh uang pensiun rutin bulanan yang cukup.

Namun bagi yang pekerja swasta, tentu tidak akan memperoleh dana itu, paling-paling yang diperoleh adalah uang pesangon.

Oleh karena itu tentu Anda harus bisa menghitung dengan cermat uang pesangon anda, kira-kira cukup tidak untuk bekal masa tua nanti.

Terlepas dari seperti apa hasil hitung-hitungan tadi, tetap akan lebh bijak jika Anda mulai mempersiapkan masa tua nanti sedari sekarang.

Karena bagaimanapun, jika telah mempersiapkannya sejak saat ini, apapun hasil hitung-hitungan tadi, tentu bisa memberi manfaat yang akan lebih baik.

Ada dua alternatif yang dapat dilakukan untuk menghadapi kebutuhan masa tua ini yakni dengan menabung atau merintis usaha.

Menabung

Mulailah menabung dari sekarang, dan kuatkan niat bahwa itu hanya akan dipergunakan sebagai bekal nanti. Jadi jangan sampai anda tergoda untuk menariknya, kecuali memang untuk sesuatu kepentingan yang sedemikian urgent.

Dengan menabung Rp 1 juta per bulan saja, kalau dilakukan selama 30 tahun, bisa saja Anda memperoleh dana lebih dari 1 Milyar.

Tinggal masalah dimana anda menyimpannya, ya silahkan saja dipilih mana yang menurut anda paling aman dan paling cocok.

Dan jika Anda memilih menyimpan di asuransi dengan alasan agar tidak bisa sembarang ambil, silahkan cari asuransi yang amanah dengan akad yang baik sesuai syariah.

Nanti, setelah pensiun uang tersebut bisa diambil dan sebagian bisa digunakan untuk modal usaha agar tetap produktif.

Merintis Usaha

Jika menabung secara rutin tiap bulan agak sulit, alternatif lainnya adalah dengan merintis usaha.

Carilah peluang usaha yang dapat Anda lakukan dengan sisa waktu yang Anda miliki, serta alokasi dana yang sanggup Anda sediakan, tetapi memiliki prospek yang cerah dan bisa memberikan hasil yang cukup, jangan asal-asalan usaha.

Sayangnya, jenis usaha dengan kriteria ini agak sulit ditemukan. Karena kebanyakan merintis usaha pada umumnya akan memerlukan waktu yang cukup untuk menjalankannya, jika tidak, akan memerlukan modal awal yang cukup besar.

Saya tidak memiliki ide untuk yang hal ini, kecuali hanya satu saja, yakni merintis usaha sendiri dengan produk kesehatan Milagros sebagaimana yang banyak dilakukan oleh yang lain.

Menurut saya, bisnis Milagros memang memenuhi kriteria di atas karena bisa dilakukan tanpa mengganggu waktu kerja, modalnya hanya 350 ribu rupiah, prospeknya bagus karena akan selalu dibutuhkan, penghasilannya lumayan, dan dapat diwariskan.

Terkait hal ini saya tidak akan membahasnya di sini. Jika Anda tertarik atau sekedar ingin tahu, silahkan saja lansung simak informasinya, KLIK DISINI.

Atau jika Anda memiliki ide terkait usaha yang memenuhi kriteria tadi, silahkan berbagi melalui komentar di bawah.

Demikian artikel tentang mempersiapkan masa tua dengan cara menabung ataupun merintis sebuah usaha agar tidak merepotkan anak ini saya sampaikan sebagai bahan pertimbangan yang semoga saja bisa memberi manfaat bagi para pembaca semua.

No comment for Mempersiapkan Masa Tua Agar Tidak Merepotkan Anak Dengan Cara Menabung atau Merintis Usaha

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *