Menu Click to open Menus
Home » Bisnis » Pengalaman Mengikuti Afiliasi, Pasang Iklan PPC, Menjadi Reseller, dan Menjual Produk Tertentu untuk Menghasilkan Uang Dari Blog

Pengalaman Mengikuti Afiliasi, Pasang Iklan PPC, Menjadi Reseller, dan Menjual Produk Tertentu untuk Menghasilkan Uang Dari Blog

(56 Views) October 8, 2018 10:57 pm | Published by | No comment

Buat teman-teman bloger, atau yang berniat jadi blogger, mudah-mudahan pengalaman saya dalam mengikuti afiliasi maupun pasang iklan ppc ataupun menjadi reseller, dan menjual produk tertentu untuk menghasilkan uang dari blog ini bisa bermanfaat sekaligus menjadi bahan pertimbangan dalam memilih model monetisasi yang tepat untuk blog Anda.

Mengikuti Afiliasi

Beberapa afiliasi yang saya pernah ikut untuk mencari uang dengan menggunakan blog saya, diantaranya :

  1. Saya lupa lagi kapan tepatnya, mungkin sekitar th 2007-an, merupakan afiliasi pertama kali yang saya ikuti, yakni afiliasi formulabisnis dari Mas Joko Susilo. Ada yang pernah ikut ?
    Dari afiliasi ini dapat beberapa ratus ribu rupiah saja, sebelum akhirnya berhenti mempromosikannya karena kesibukan lain.
  2. Afiliasi Amazon.com. Ini juga pernah, bahkan sempat 2 kali registrasi. Sayang, tidak menghasilkan apapun karena kurang familiar dengan bahasa Inggris. Jadi kalau Anda sama seperti saya, baiknya belajar dulu bahasa Inggirs yang baik & benar, baru ikut afiliasi amazon.
  3. Clickbank.com. Ikut afiliasi ini juga nasibnya sama seperti amazon, hasilnya nol, karena harus menguasasi bahasa inggris. Sempat bikin beberap apuluh artikel berbayar, tapi tidak menghasilkan hingga domainnya tidak diperpanjang lagi.
  4. Lazada.co.id. Sampai sekarang masih terdaftar. Dua tahun ikut hanya bisa menghasilkan 3,2 dolar saja. Terkahir cek, bikin link produknya sudah berubah menggunakan Deep link picker, yang menjadikan saya bingung bagaimana cara memasukan linknya ke dalam blog.
    Lazada juga rajin pasang iklan di FB yang menjadikan cookies promosi kita terhapus begitu saja.
    Sehingga malas untuk melanjutkan lagi.
  5. Zalora.co.id. Pernah promosi menggunakan banner, karena agak ribet untuk membuat link ke produknya. Dulu menggunakan Commission Junction dalam afiliasinya. Sekarang sudah ganti dengan yang lain, entah lupa saya namanya. Yang satu ini juga rajin pasang iklan di FB & Adword. Ini juga menjadikan saya malas lagi memulainya.
  6. Ratakan.com. Ini pernah juga memasarkan produk dengan membuat artikel untuk beberapa produk. Sayangnya belum memberikan hasil apapun.
  7. Lainnya pernah juga, sebut saja tiket.com, agoda.com, blibli.com, bhineka.com, tipshamil, klikbayi, dll. Ada yang sudah menghasilkan sedikit, sebagiannya belum sama sekali. Terlebih untuk blibli & bhineka yang ternyata banyak yang kecewa dengan masalah pembayarannya.

Dari beberapa afiliasi yang pernah saya ikuti di atas, saya menyimpulkan :

  1. Mengikuti afiliasi internasional sebaiknya menguasai bahasa Inggris dengan baik. Jika tidak, sebaiknya jangan ikut dulu daripada buang-buang waktu, biaya, & tenaga.
  2. Afiliasi dari marketplace besar di Indonesia sepertinya masih meragukan. Selain sistemnya yang rumit dan berubah-ubah dan pembayarannya yang meragukan, juga cookies yang berasal dari promosi kita mudah terhapus oleh iklan yang mereka pasang.
  3. Ternyata afiliasi dengan bisnis perorangan (misal formulabisnis , tipshamil, & klik bayi) justeru lebih dapat dipercaya dan bisa menghasilkan walaupun tidak besar.

Memasang Iklan PPC.

Beberapa iklan PPC yang saya pasang untuk mencari uang dengan menggunakan blog saya, diantaranya : Adsense, Bidvertiser, Kliksaya, Kumpulblogger, Sitti, serta beberapa lainnya yang sebagiannya bahkan sudah menghilang.

Ada memang hasilnya, tapi hanya muncul di layar monitor saja, tidak bisa ditarik karena jumlahnya tidak memenuhi batas minmum transfer.

Untuk yang satu ini saya berkesimpulan : Sama sekali tidak menarik ! Mengapa ?

Kita ambil contoh yang besar, Adsense.

Bayangkan, dari lebih 30 ribu page view/bulan hanya menghasilkan 20-40 klik. Kali rata-rata Rp 1.000. Dapat berapa ?

Kalaupun blog Anda memiliki page view rata-rata 1 juta/bulan, berarti hanya mendapat klik antara 667 – 1334 klik. Kali 2000 saja biar besar, berapa ? Apakah sebanding dengan pengorbanan Anda untuk mendatangkan 1 juta page view itu ? Apalagi sekarang semakin banyak blog atau website yang pasang adsense.

Sehingga saya yakin, sangat sedikit sekali pemilik blog yang bisa mendapat komisi lebih dari 6 digit dari adsense.

Jika blognya menggunakan bahasa Inggris sehingga dibayar pake dolar, memang lumayan. Tapi jika blog berbahasa Indonesia yang dibayar rupiah ? Hadehhh….!

Menjadi reseller.

Ini juga pernah saya lakukan, bisa menjual beberapa produk, tapi ribet. Harus bolak balik tanya-jawab menjadi penghubung konsumen dengan pemilik produk. Yang orderpun sangat jarang karena bersaing dengan marketplace besar.

Menjual produk tertentu.

Ini masih saya lakukan hingga sekarang, yakni menjual produk kesehatan yang bisa dikonsumsi siapapun, dengan menggunakan artikel pada blog saya sebagai cara memasarkannya.

Saya merasa cocok dengan yang satu ini, dan syukur alhamdulillah sudah memberikan hasil meskipun belum besar. Setidaknya sudah bisa dinikmati dan tidak ribet karena sambil sekalian mengisi blog.

Dari semua pengalaman di atas, kesimpulan terakhir saya adalah menghasilkan uang dari blog dengan menjual produk tertentu yang memiliki pasar luas, jauh lebih efektif & prospektif daripada cara menghasilkan uang dari blog lainnya.

Oleh karena itu, sekedar saran, jika Anda punya produk sendiri, sebaiknya fokuskan blog Anda untuk menjual produk yang Anda miliki, jangan tergoda dengan model monetisasi lainnya.

Apalagi hanya ikut-ikutan karena tergoda setelah membaca artikel tentang model monetisasi tertentu.

Silahkan Anda cari tahu apa yang dilakukan Gary Vaynerchuk, Rand Fishkin, Pat Flynn, Michael Arrington, Timothy Sykes, atau blogger dunia lainnya.

Penghasilan mereka bukanlah dari afiliasi, bukan pula dari adsense, apalagi dari reseller. Tapi dari menjual produk yang mereka buat sendiri dan menjadikan blog mereka sebagai media promosinya.

Tidak punya produk sendiri ? Tidak masalah, carilah produk yang bisa Anda pasarkan yang memiliki target pasar luas dan akan terus dibutuhkan agar cara menghasilkan uang dari blog Anda terus berkembang.

Produk terkait kesehatan, pendidikan, dan mendapat penghasilan, merupakan produk-produk yang potensial untuk dijual karena sampai kapanpun akan terus dibutuhkan oleh siapapun.

Jika masih bingung, tidak ada salahnya untuk coba menyimak artikel saya terdahulu ini : Pengalaman Menghasilkan Uang Dari Blog Dengan Angka 8 Digit Dari Menjual Produk Tertentu yang Banyak Dibutuhkan Orang.

Siapa tahu setelah membacanya Anda mendapat inspirasi yang lebih baik untuk menghasilkan uang yang lebih besar dari blog Anda.

Demikian artikel tentang Pengalaman Mengikuti Afiliasi, Pasang Iklan PPC, Menjadi Reseller, dan Menjual Produk Tertentu untuk Menghasilkan Uang Dari Blog, dengan harapan bisa bermanfaat bagi teman-teman blogger semua.

No comment for Pengalaman Mengikuti Afiliasi, Pasang Iklan PPC, Menjadi Reseller, dan Menjual Produk Tertentu untuk Menghasilkan Uang Dari Blog

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *