Menu Click to open Menus
Home » Keluarga » Pengaruh Upaya-upaya yang Dilakukan Orangtua Terhadap Prestasi Anak

Pengaruh Upaya-upaya yang Dilakukan Orangtua Terhadap Prestasi Anak

(48 Views) June 20, 2019 4:56 am | Published by | No comment

Pengaruh Upaya-upaya yang Dilakukan Orangtua Terhadap Prestasi Anak-Sebuah studi yang pernah dilakukan oleh para peneliti di University of Leicester dan University of Leeds telah menyimpulkan bahwa upaya-upaya yang dilakukan orang tua terhadap pendidikan anak memiliki peranan yang sangat penting dan signifikan dibandingkan dengan peran sekolah ataupun anak itu sendiri.

Penelitian ini dilakukan oleh Profesor Gianni De Fraja dan Tania Oliveira, dari Departemen Ekonomi di University of Leicester, dan Luisa Zanchi dari Leeds University Business School, dan telah diterbitkan dalam edisi review terbaru.

Para peneliti menemukan bahwa perhatian dan upaya-upaya yang dilakukan orang tua terhadap pendidikan anak memberikan pengaruh yang jauh lebih besar dibanding dengan apa yang dilakukan pihak sekolah, dan bahkan adalah lebih penting daripada upaya-upaya yang dilakukan oleh anak itu sendiri.

Studi ini menemukan pula bahwa latar belakang sosial-ekonomi keluarga tidak hanya mempengaruhi prestasi anak tetapi turut berpengaruh pula terhadap upaya-upaya yang dilakukan pihak sekolah.

Peneliti Profesor De Fraja, yang merupakan Dekan Ekonomi di Universitas Leicester, mengatakan: “Salah satu jalur yang memungkinkan orang tua memberi pengaruh besar terhadap prestasi anaknya melalui latar belakang sosial ekonominya adalah melalui berbagai usaha yang bisa meraka lakukan dengan kondisinya tersebut.”

“Orang tua dari lingkungan yang lebih beruntung memiliki kesempatan untk melakukan beberapa upaya yang lebih besar, dan ini berpengaruh positif terhadap pencapaian prestasi anak-anak mereka.”
“Dengan cara yang sama, latar belakang orang tua juga bisa meningkatkan upaya sekolah untuk meningkatkan prestasi sekolah secara umum. Mengapa sekolah mau berupaya lebih keras ketika banyak orang tua siswanya berasal dari latar belakang yang lebih baik, kita tidak tahu. Mungkin karena para orang tua tersebut lebih berani dalam menuntut agar sekolah bekerja jauh lebih baik.”

Temuan tersebut menunjukkan bahwa ada hubungan antara prestasi belajar anak-anak dengan upaya yang dilakukan oleh orang tua dalam mendukung pendidikan mereka.

Profesor De Fraja menambahkan : “Kami menemukan bahwa anak-anak mau berusaha lebih keras manakala orang tuanya melakukan banyak upaya terhadap pendidikan mereka.”

“Secara umum, upaya yang diberikan oleh tiga kelompok pengaruh-orang tua, sekolah dan anak – saling mempengaruhi satu sama lain. Di sisi lain, kecenderungan anak-anak untuk berusaha sendiri ternyata tidak dipengaruhi oleh latar belakang sosial-ekonomi mereka. Anak-anak dengan latar belakang sosial ekonomi orang tua yang lebih baik tidaklah berusaha lebih keras daripada anak-anak yang berasal dari latar belakang yang kurang menguntungkan.”

“Menariknya, ada trade-off antara jumlah anak dan usaha orang tua mereka : jumlah saudara mempengaruhi besarnya upaya-upaya yang dilakukan oleh orang tua terhadap pendidikan anak mereka. Jika seorang anak tumbuh dalam keluarga yang lebih banyak, dia menerima hanya sedikit usaha dari orang tuanya. “

Profesor De Fraja mengatakan bahwa hasil penelitian menunjukkan bahwa upaya-upaya orang tua memiliki pengaruh sangat penting terhadap prestasi pendidikan anaknya :

“Secara umum, apa yang dapat kita katakan adalah bahwa seorang anak yang orang tuanya memiliki upaya lebih besar akan berpengaruh terhadap hasil belajar anaknya di sekolah. Karena itu kebijakan yang dibuat hendaknya memiliki tujuan untuk meningkatkan upaya-upaya yang maksimal yang harus dilakukan oleh orangtua. Upaya-upaya yang dilakukan para orang tua mungkin akan efektif dalam memperkuat pencapaian prestasi pendidikan anak-anak. Mempengaruhi orang tua supaya melakukan upaya-upaya optimal terhadap pendidikan anak-anaknya tentu saja merupakan sesuatu yang jauh lebih mudah daripada memodifikasi latar belakang sosial mereka.”

Demikian sedikit ulasan tentang Pengaruh Upaya-upaya yang Dilakukan Orangtua Terhadap Prestasi Anak. Semoga bermanfaat bagi para oraang tua & sekolah.

Bagikan

No comment for Pengaruh Upaya-upaya yang Dilakukan Orangtua Terhadap Prestasi Anak

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *