Menu Click to open Menus
Home » Anak » Pengertian Pola Asuh Orang Tua

Pengertian Pola Asuh Orang Tua

(14 Views) June 22, 2019 3:44 am | Published by | No comment

Pengertian Pola Asuh Orang Tua – Setiap orang tua pasti menginginkan anaknya menjadi orang yang berkepribadian baik, sikap mental yang sehat serta akhlak yang terpuji.

Orang tua sebagai pembentuk pribadi yang pertama dalam kehidupan anak, dan harus menjadi teladan yang baik bagi anak-anaknya.

Sebagaimana yang dinyatakan oleh Zakiyah Daradjat, bahawa Kepribadian orang tua, sikap dan cara hidup merupakan unsur-unsur pendidikan yang secara tidak langsung akan masuk ke dalam pribadi anak yang sedang tumbuh.

Dalam mendidik anak, terdapat berbagai macam bentuk pola asuh yang bisa dipilih dan digunakan oleh orang tua.
Pola asuh terdiri dari dua kata yaitu pola dan asuh. Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, pola berarti corak, model, sistem, cara kerja, bentuk (struktur) yang tetap. Sedangkan kata asuh dapat berati menjaga (merawat dan mendidik) anak kecil, membimbing (membantu; melatih dan sebagainya), dan memimpin (mengepalai dan menyelenggarakan) satu badan atau lembaga.

Lebih jelasnya, kata asuh adalah mencakup segala aspek yang berkaitan dengan pemeliharaan, perawatan, dukungan, dan bantuan sehingga orang tetap berdiri dan menjalani hidupnya secara sehat.

Menurut Dr. Ahmad Tafsir pola asuh berarti pendidikan, sedangkan pendidikan adalah bimbingan secara sadar oleh pendidik terhadap perkembangan jasmani dan rohani anak didik menuju terbentuknya kepribadian yang utama.

Jadi pola asuh orang tua adalah suatu keseluruhan interaksi antara orang tua dengan anak, di mana orang tua bermaksud menstimulasi anaknya dengan mengubah tingkah laku, pengetahuan serta nilai-nilai yang dianggap paling tepat oleh orang tua, agar anak dapat mandiri, tumbuh dan berkembang secara sehat dan optimal.

[Manfaat Milagros Bagi Anak-anak dan Balita]

Pola asuh orang tua terhadap anaknya banyak macamnya. Dalam pengelompokkannya, para ahli mengemukakan pendapat yang berbeda-beda. Selengkapnya mengenai hal ini dibahas pada artikel lain yang berjudul : “Pola Asuh Orang Tua Menurut Pendapat Beberapa Ahli”. Tinggal klik untuk membukanya.

Demikian sedikit ulasan tentang pengertian dari pola asuh orangtua. Semoga dapat membantu bagi yang sedang memerlukan.

Bagikan

No comment for Pengertian Pola Asuh Orang Tua

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *