Menu Click to open Menus
Home » Kesehatan » Pengetahuan Kesehatan Remaja, Mengenal Menstruasi dan Mengatasi Rasa Sakit yang Ditimbulkannya

Pengetahuan Kesehatan Remaja, Mengenal Menstruasi dan Mengatasi Rasa Sakit yang Ditimbulkannya

(15 Views) October 24, 2018 6:46 am | Published by | No comment

Bagi kalian para remaja putri, pengetahuan kesehatan tentang mengenal menstruasi dan mengatasi rasa sakit yang ditimbulkannya ini mudah-mudahan bisa membantu, sehingga tidak mengganggu aktifitas sehari-hari.

Menstruasi merupakan proses keluarnya darah dari dalam rahim yang terjadi karena luruhnya lapisan dalam rahim yang banyak mengandung pembuluh darah dan sel telur yang tidak dibuahi. Menstruasi pasti akan terjadi pada semua wanita yang normal.

Siklus menstruasi

Siklus menstruasi adalah jarak antara satu menstruasi ke menstruasi berikutnya. Siklus ini biasanya berlangsung kurang lebih 28 hari (antara 21-35 hari).

Berapa lama menstruasi berlangsung?

Biasanya, lamanya menstruasi bisa berbeda-beda, umumnya berkisar antara 3 sampai 8 hari. Tapi, rata-rata wanita mengalaminya selama 5 hari. Tetapi ada juga wanita yang mengalaminya selama 4 hari hingga 6 hari.

Mengapa timbul sakit dan keram perut saat menstruasi?

Sakit perut saat menstruasi biasanya disebabkan karena tidak berimbangnya rasio atau jumlah antara estrogen terhadap progesteron.

Biasanya, saat menstruasi rasio estrogen jauh lebih banyak dibanding progesteron. Dalam tubuh wanita, kedua hormon inilah yang berfungsi dalam pengaturan sistem reproduksi. Sejauh rasa sakit masih bisa ditahan, itu artinya masih dalam batas normal.

Bagaimana cara mengatasi rasa sakit dan keram perut?
Untuk mengetasi rasa sakit dan keram perut saat menstruasi bisa dilakukan beberapa cara berikut :

  • Kompres dengan botol yang diisi air hangat tepat pada bagian yang terasa kram (bisa perut atau pinggang bagian belakang).
  • Mandi air hangat, boleh juga menggunakan aroma terapi untuk menenangkan diri.
  • Minum minuman hangat yang mengandung kalsium tinggi.
  • Menggosok-gosok perut/ pinggang yang sakit.
  • Ambil posisi menungging sehingga rahim tergantung ke bawah. Ini bisa membantu relaksasi. Tarik napas dalam-dalam secara perlahan untuk relaksasi.
  • Beberapa wanita ada yang memilih minum obat. Namun baiknya pilih yang alami, misalnya air Milagros. Jika kamu belum tahu Milagros, KLIK DISINI untuk menyimak infonya.

Demikian artikel tentang Pengetahuan Kesehatan Remaja, Mengenal Menstruasi dan Mengatasi Rasa Sakit yang Ditimbulkannya. Semoga bermanfaat.

No comment for Pengetahuan Kesehatan Remaja, Mengenal Menstruasi dan Mengatasi Rasa Sakit yang Ditimbulkannya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *