Menu Click to open Menus
Home » Anak » Permainan Anak dan Pengaruhnya Terhadap Kreatifitas & Kecerdasan Anak

Permainan Anak dan Pengaruhnya Terhadap Kreatifitas & Kecerdasan Anak

(28 Views) June 21, 2019 12:23 am | Published by | No comment

Permainan Anak dan Pengaruhnya Terhadap Kreatifitas & Kecerdasan Anak-Promosi gencar yang dilakukan produsen berbagai produk mainan anak baik elektronik maupun manual dapat memposisikan anak menjadi konsumen aktif.

Tidak hanya itu, mainan buatan pabrik tersebut membuat kreativitas anak berkurang atau terbatasi. Bahkan anak bisa lebih bersikap individualis kalau terlalu ‘over’ bermain dengan permainan elektronik, contoh nyatanya adalah playstation maupun gadget.

Merupakan suatu hal yang wajar, bila setiap orang tua menyediakan fasilitas mainan pada anak-anaknya. Karena dunia anak merupakan dunia bermain.

Ketika bermain, anak-anak mendapatkan kesempatan untuk mengembangkan bakat, keterampilan dan pengetahuan.

[Manfaat Milagros Bagi Anak-anak dan Balita]

Jenis permainan dan mainan yang sejak awal diberikan secara tepat pada balita berperan mengembangkan saraf-saraf motorik yang akan mempengaruhi tingkat kecerdasan anak.

Menghindari anak menjadi konsumen produk mainan memang merupakan hal yang sulit dilakukan. Apalagi sifat anak yang cenderung meniru sesuatu dari lingkungannya. Banyaknya produk mainan instan dan elektronik untuk anak-anak. Namun demikian mainan tersebut tidak selalu menghambat pengembangan kreativitas.

Produk mainan yang tidak langsung jadi, misalnya robot rakitan, push block dan puzzel, menuntut anak untuk berusaha menemukan bentuknya. Ini cukup baik, daripada hanya membeli produk mainan jadi.

Orang tua harus jeli dan pandai memilih produk mainan. Karena jenisnya saat ini banyak sekali. Jenis produk mainan yang baik, sebaiknya dipilihkan yang bisa merangsang perkembangan kcerdasan anak. Tidak hanya sekedar bagus, mahal dan baru.

Selama ini orang tua banyak yang lupa. Kalau gerakan motorik anak berpengaruh pada tingkat kecerdasan anak.
Anak yang gerakan saraf motoriknya optimal, perkembangan saraf otaknya juga akan optimal.

Jangan lekas melarang balita yang sedang berlari-lari atau memanjat kursi. Selama masih aman, biarkan saja. Pakar psikologi percaya, jika saraf motorik berkembang, saraf keseimbangan juga ikut berkembang. Sel-sel otak terutama nukleus pestibularis juga berkembang sehingga kecerdasan anak juga akan berkembang.

Demikian sedikit ulasan mengenai permainan anak dan pengaruhnya terhadap kreatifitas & kecerdasan anak. Semoga bermanfaat.

Bagikan

No comment for Permainan Anak dan Pengaruhnya Terhadap Kreatifitas & Kecerdasan Anak

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *