Menu Click to open Menus
Home » Anak » Sarapan Pagi Bagi Anak dan Pengaruhnya Terhadap Otak Mereka

Sarapan Pagi Bagi Anak dan Pengaruhnya Terhadap Otak Mereka

(18 Views) June 21, 2019 12:38 am | Published by | No comment

Sarapan Pagi Bagi Anak dan Pengaruhnya Terhadap Otak Mereka-Sarapan pagi atau makan pagi sangat penting diberikan kepada anak di usia sekolah, sehingga orangtua harus memastikan dan membiasakan anak-anaknya untuk sarapan setiap pagi. Selain banyak manfaatnya, kebiasaan sarapan juga dapat melatih anak untuk disiplin.

Sarapan mungkin terdengar sepele, namun sangat vital bagi tubuh kita, terlebih bagi anak-anak.

Seringkali kita mengabaikan sarapan dengan alasan kurangnya waktu, atau bosan dengan menu sarapan yang itu-itu saja. Padahal, sarapan bukan sekedar pengganjal perut, tapi juga memberikan energi agar kita bisa beraktivitas dengan baik, tidak mudah mengantuk, dan juga berpengaruh terhadap kinerja optimal otak anak.

Pengaruh Sarapan Bagi Otak

Otak adalah sebuah anugrah tertinggi yang diberikan Tuhan kepada manusia. Letak kecerdasan manusia juga berada di dalam organ ini, untuk itu pemberian makanan yang baik dan teratur akan berpengaruh dengan fungsi dan kerja otak.

Lebih-lebih di pagi hari, setelah semalaman manusia istirahat. Pagi hari adalah waktu terbaik untuk menyediakan makanan bagi otak kita, salah satunya melalui sarapan yang teratur dan bergizi.

Seorang ilmuwan mengatakan sarapan pagi merupakan makanan khusus untuk otak, hal ini didukung dari sebuah penelitian yang menunjukkan bahwa sarapan berpengaruh erat dengan kecerdasan mental, dalam artian, sarapan memberikan nilai positif tarhadap aktivitas otak, otak menjadi lebih cerdas, peka dan lebih mudah untuk berkonsentrasi. Hal ini secara tidak langsung akan mendatangkan pengaruh positif terhadap anak dalam beraktivitas, baik di sekolah ataupun di rumah.

Sarapan yang baik harus banyak mengandung karbohidrat, karena kandungan karbohidrat yang kita konsumsi pada pagi hari, akan merangsang glukosa dan mikro nutrien dalam otak. Karena karbohidrat merupakan salah satu nutrien yang menghasilkan energi yang berfungsi untuk memacu otak.

Sebuah survei yang dilakukan pada anak-anak dan remaja menyebutkan anak yang sarapan pagi dengan makanan yang kaya akan karbohidrat komplek, memiliki performa, lebih bisa mencurahkan perhatiannya terhadap pelajaran, perilaku yang lebih positif, ceria, kooperatif, gampang berteman dan dapat menyelesaikan masalah dengan baik. Sedangkan bagi anak yang tidak sarapan pagi, tidak dapat berpikir dengan baik dan selalu kelihatan malas.

[Manfaat milagros bagi anak-anak dan balita]

Di bawah ini terdapat beberapa manfaat & pengaruh yang bisa diperoleh anak dari sarapan pagi:

  • Anak dapat belajar dan melakukan tugas-tugas disekolah lebih baik karena sarapan pagi akan menambah pasokan gula darah ke otak dan tubuh yang akan mengoptimalkan kerja otak sehingga membuat anak menjadi cerdas dan dapat beraktifitas.
  • Membuat anak lebih konsentrasi dan fokus pada pelajaran di sekolah.
  • Menu sarapan pagi yang cukup mengandung protein, vitamin, zat besi dan lemak yang mengandung omega3 akan memberikan nutrisi yang baik untuk perkembangan tubuh anak.
  • Anak akan lebih baik dalam berperilaku karena pikirannya menjadi lebih terkendali bila sarapan pagi.
  • Bila gizi anak terpenuhi dengan baik maka tubuhnya akan memiliki berat badan yang stabil dibanding anak yang tidak pernah sarapan pagi.

Demikian artikel tentang sarapan pagi bagi anak dan pengaruhnya terhadap otak mereka. Semoga bisa memastikan Anda untuk selalu menyiapkan sarapan pagi bagi putra-putri Anda.

Bagikan

No comment for Sarapan Pagi Bagi Anak dan Pengaruhnya Terhadap Otak Mereka

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *