Menu Click to open Menus
Home » Kesehatan » Penyebab Serta Cara Mencegah dan Mengobati Sariawan Pada Anak-anak

Penyebab Serta Cara Mencegah dan Mengobati Sariawan Pada Anak-anak

(56 Views) October 9, 2018 6:22 am | Published by | No comment

Penyebab Serta Cara Mencegah dan Mengobati Sariawan Pada Anak-anak. – Sariawan adalah hal yang umum terjadi, dan dapat ditemukan pada berbagai usia mulai dari usia kanak-kanak, remaja, dan dewasa.

Namun pada beberapa orang, sariawan lebih sering terjadi dibandingkan dengan orang lainnya.
Sariawan, atau stomatitis, bisa terjadi di berbagai tempat di rongga mulut, seperti gusi, bibir, serta langit-langit.

Penyebab sariawan ada bermacam-macam, yang paling umum pada anak-anak adalah karena trauma seperti tergigit atau karena tersodok benda keras (anak sering memasukkan mainan ke mulut atau menggunakan sikat gigi terburu-buru sehingga melukai mulutnya).

Pada beberapa orang, sariawan amat sering terjadi, dan disebut stomatitis aftosa rekuren (SAR). Sariawan jenis ini bisa ringan (diameternya kurang dari 1cm) sampai yang berat, umumnya ada beberapa sariawan sekaligus, dan berulang beberapa kali dalam setahun.

Jenis sariawain ini bisa disebabkan oleh beberapa faktor :

  • Kurang zat gizi tertentu (umumnya vitamin B12 atau folat, serta zat besi dan anak mungkin mempunyai tanda-tanda anemia).
  • Keturunan, biasanya kedua orangtua juga mempunyai sejarah sariawan yang berulang.
  • Alergi pada jenis makanan tertentu.

Sariawan jenis ini umumnya sembuh dalam waktu 10-14 hari. Penyembuhannya dapat dipercepat dengan pemakaian obat kumur (seperti obat kumur klorheksidin) dan juga terdapat beberapa jenis obat oles/salep untuk stomatitis yang tersedia di pasaran.

Apabila sariawan sangat besar dan sangat sering terjadi, dokter gigi mungkin akan memutuskan untuk melakukan pemeriksaan darah atau alergi untuk mengetahui penyebab SAR ini.

Sariawanpun bisa terjadi karena berhubungan dengan penyakit tertentu. Misalnya infeksi virus herpes simpleks primer, yang merupakan salah satu penyakit yang dapat terjadi pada anak-anak, umumnya di bawah usia 3 tahun..

Infeksi virus ini akan hilang dengan sendirinya dalam waktu 10-14 hari. Penanganan infeksi virus herpes primer ditujukan untuk menghilangkan gejala dan mengurangi rasa sakit pada anak, dan meningkatkan daya tahan tubuh.

Yang dapat dilakukan antara lain :

  • Memberikan obat penurun panas dan penghilang sakit.
  • Anak yang lebih besar dapat menggunakan obat kumur klorheksidin sedangkan anak yang masih kecil dapat dibantu dengan mengoleskan obat kumur dengan cotton bud.
  • Mempertahankan asupan cairan dan makanan anak. Pastikan untuk sering memberi minum pada anak untuk mencegah dehidrasi, serta memberik makanan berbentuk cair atau sangat lembut.
  • Dokter gigi mungkin meresepkan topikal anestesi (obat oles yang menghasilkan rasa baal) untuk dioleskan pada bagian-bagian yang sangat sakit. Jangan berikan salep steroid untuk infeksi virus herpes.
  • Apabila anak menolak untuk makan/minum dan menunjukkan tanda-tanda dehidrasi, bawalah segera ke dokter.
  • Cukup istirahat.

Dan bilamana Anda belum mengetahuinya, alternatif lain untuk mengobati sariwan pada anak, apalagi masih balita, bisa dilakukan juga dengan mengganti minumnya dengan air Milagros.

Hal ini mengingat air Milagros merupakan air alami murni yang memiliki kandungan tertentu yang sangat berguna untuk membantu proses penyembuhan, sekaligus menjaga kekurangan cairan pada anak. Aman bagi anak, tanpa efek samping apapun, direkomendasikan para dokter. KLIK DISINI untuk info lengkapnya.

Demikian artikel tentang penyebab serta cara mencegah dan mengobati sariawan pada anak-anak ini disampaikan. Semoga bermanfaat.

No comment for Penyebab Serta Cara Mencegah dan Mengobati Sariawan Pada Anak-anak

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *